Nusa Tenggara Timur menyimpan banyak destinasi wisata yang unik. Salah satunya adalah perjalanan paket tour labuan bajo kapal phinisi sailing Komodo live on board. Anda wajib 1 kali seumur hidup merasakan sendiri berpetualang berlayar menggunakan kapal Pinisi atau Speed boat di Labuan Bajo, untuk melakukan perjalanan wisata di provinsi ini. Apa alasan Anda perlu sewa kapal Labuan Bajo harga terbaik? Keunikan perjalanan wisata seperti apa yang ditawarkan di Labuan Bajo? Simak dalam ulasan berikut ini.

Nusa Tenggara Timur dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, memang sayang untuk dilewatkan. Terlebih, di provinsi ini terdapat destinasi wisata yang menjadi bagian dari salah satu surga wisata terbaik di Indonesia, yaitu Taman Nasional Komodo.

Destinasi wisata yang juga dikenal sebagai Pulau Komodo ini berada di Flores, NTT. Tepatnya, di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Sebuah kota kecil di Flores yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan.

Taman Nasional Komodo memiliki luas kurang lebih 173.000 ha, yang terdiri dari pulau dan perairan. Tiga pulau besar yang menjadi bagian utama taman ini adalah Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Selain ketiga pulau tersebut, Taman Nasional Komodo juga memiliki beberapa pulau kecil lainnya.

Melihat Taman Nasional Komodo yang luas serta terdiri dari pulau dan perairan, rasanya tidak cukup jika menjelajahi objek wisata ini hanya dalam 1 hari. Setidaknya, Anda membutuhkan waktu lebih dari 3 hari 2 malam untuk menjelajahi semua tempat wisata di Taman Nasional Komodo.

Alasan memilih sewa kapal Labuan Bajo? Salah satu trip wisataprivateyang bisa Anda pilih saat berkunjung ke objek wisata Taman Nasional Komodo ini adalah dengan sewa kapal Labuan Bajo. keunggulan sewa kapal ini lebih cenderung fleksible dan hemat, bila Anda berangkat dengan rombongan / GIT (Group In Tour) dengan jumlah peserta besar.

Ada banyak pilihan kapal mulai phinisi, speedboat dan kapal open deck yang bisa Anda sewa, mulai dari yang standar hingga luxury dengan harga bervariasi. Dengan menyewa kapal, Anda bisa melakukan private trip sailing Komodo sekaligus merasakan sensasi berlayar di atas kapal. Namun, agar bila ingin menghemat biaya liburan, Anda bisa memilih paket wisataopen triplabuan bajo.

Sekilas Kapal Phinisi

Kapal phinisi merupakan kapal layar asli Indonesia yang dibuat oleh suku Konjo. Suku yang merupakan sub-etnis Bugis-Makassar ini, sebagian besar bertempat tinggal di Desa Bira, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Di desa yang juga menjadi objek wisata terpadu inilah pembuatan kapal phinisi dikerjakan.

Ada berbagai macam jenis kapal phinisi yang dibuat oleh suku Konjo di Desa Bira. Kapal yang digunakan sebagai kapal wisata seperti di Labuan Bajo, merupakan kapal phinisi berukuran besar. Sedangkan kapal phinisi berukuran kecil, lebih sering digunakan untuk berdagang. Selain Desa Bira, pembuatan kapal phinisi juga dilakukan di Kelurahan Tanah Beru dan Kelurahan Tanah Lemo.

Private-Sailing-Komodo

Proses pembuatan kapal phinisi ini sangatlah unik, karena masih menggunakan teknik tradisional. Para pekerja pembuat kapal phinisi tidak memerlukan gambar rancangan. Selain itu, peralatan yang digunakan sangat sederhana dan proses pembuatannya juga dilakukan langsung di bibir pantai, dengan haluan kapal menghadap ke laut. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses penarikan kapal ke laut ketika sudah selesai dikerjakan.

Istilah phinisi sendiri berasal dari kata pinisi, pinisi‘, pinisiq, atau phinisi. Istilah ini mengacu pada konfigurasi tali, sistem layar (rig), dan tiang-tiang dari kapal tersebut. Saat ini, seni pembuatan kapal phinisi Indonesia ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu Karya Agung Warisan Manusia yang Lisan dan Tak Benda. Penetapan tersebut dilakukan pada sesi ke-12 Komite Warisan Budaya Unik yang diselenggarakan tanggal 7 Desember 2017.

Rekomendasi Jenis Kapal di Labuan Bajo

Sailing Komodo tour dengan sewa kapal Labuan Bajo adalah pilihan tepat untuk menjelajah Labuan Bajo secara private trip. Ada berbagai tipe kapal yang bisa Anda sewa, mulai dari kapal bertarif murah dengan fasilitas standar, hingga kapal VVIP dengan harga fantastis.

Apa saja Jenis kapal di Labuan Bajo? Terdapat beberapa pilihan tipe atau jenis kapal phinisi komodo yang bisa Anda sewa dalam private trip paket wisata Labuan Bajo, berikut daftar jenis kapal di Labuan Bajo:

  • Kapal Phinisi Luxury
  • Kapal Phinisi Deluxe
  • Kapal Phinisi Superior
  • Kapal Phinisi Standart
  • Kapal Speed Boat
  • Kapal Open Deck

Anda dapat memilih kapal Labuan Bajo berdasarkan kebutuhan, durasi, fasilitas atau jumlah peserta wisata agar pengalaman sewa kapal di labuan bajo menjelajahi Kepulauan dan perairan Taman Nasional Komodo berjalan dengan menyenangkan.