Kebanyakan orang mengingat Labuan Bajo sebagai Pulau Komodo. Tidak salah memang karena kota ini terkenal dengan keberadaan hewan endemiknya yakni komodo. Keberadaan komodo selalu menjadi tujuan utama wisatawan lokal maupun mancanegara.

Namun tahukah Anda sebuah desa bernama Wae Rebo? Desa ini terletak di barat daya kota Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur yang selalu menjadi tujuan wisata bagi pecinta budaya nusantara.

Trip Wae Rebo, Desa Wisata yang Indah

Sebagaimana kita tahu, Indonesia memiliki beragam suku dan etnis yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Begitupun dengan Desa Wae Rebo, desa ini masuk dalam etnis grup Manggarai. Wae Rebo menjadi desa wisata karena keindahan alamnya. Di tengah pesatnya arus globalisasi, desa ini masih mampu menjaga keasliannya secara turun temurun. Bahkan pada di tahun 2021, Wae Rebo berhasil meraih juara pertama Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 kategori Daya Tarik Wisata.

Desa wisata Wae Rebo dikenal sebagai negeri di atas awan. Pasalnya ketinggian Wae Rebo yang mencapai 1.000 mdpl juga dikelilingi oleh perbukitan yang asri dan indah. UNESCO sendiri menobatkan Wae Rebo sebagai Warisan Budaya Dunia pada 2012 silam. Keindahan desa ini berhasil menyisihkan 42 negara dalam ajang yang diselenggarakan UNESCO tersebut.

Lokasinya Cukup Terpencil, tapi Sangat Indah

Keberadaan desa yang cukup terpencil membuat perjalanan menjadi agak sulit. Perjalanan menuju desa ini membutuhkan waktu setidaknya 5-6 jam menggunakan mobil. Dilanjutkan dengan trekking menyusuri Kampung Donge selama 2-3 jam untuk sampai ke Desa Wae Rebo. Walaupun perjalanan yang ditempuh lumayan sulit, tapi sepanjang jalan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan dan segarnya udara di sana.

Setelah sampai di Desa Wae Rebo, Anda akan disuguhkan pemandangan desa yang sangat menakjubkan. Terdapat tujuh rumah adat dengan arsitektur ikonik. Bagunan di desa ini tidak akan pernah Anda temukan di tempat lain, hal tersebut karena warga setempatlah yang mendesain rumah adat secara khusus. Selain unik, rumah adat Desa Wae Rebo juga kaya akan filosofi dan makna mendalam.

Bagi masyarakat setempat arsitektur bangunan memiliki makna keharmonisan manusia dengan alam, manusia dengan manusia, dan kesederhanaan hidup yang selalu dipegang.

Kapan kira-kira Anda akan berencana trip ke Wae Rebo? Kunjungi journeylabuanbajo.com untuk layanan wisata ke Wae Rebo dan sekitarnya.